Drs.Hartono,M.Pd Dosen Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan

Judul Penelitian : Studi Evaluasi Pelaksanaan Kode Etik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Tahun : 2008

Abstrak

Pendidikan dan pembelajaran pada Perguruan Tinggi pada dasarnya ditujukan agar mahasiswa dapat mengabdikan ilmunya pada masyarakat dan dapat membawa perubahan-perubahan positif di masyarakat.

Untuk itu ditetapkanlah tri dharma perguruan tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat. Untuk dapat membawa perubahan positif pada masyarakat, maka mahasiswa terlebih dahulu harus dipersiapkan agar dapat menjadi manusia yang baik, sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut Fakultas Tarbiyah UIN SUSKA Riau menyusun kode etik mahasiswa yang akan mengatur tindak tanduk mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus. Kode etik tersebut disosialisasikan kepada mahasiswa ketika pertama kali mereka di terima di fakultas ini. Apapun upaya yang dilakukan akan sangat berarti apabila dilakukan kontrol dan evaluasi, agar suatu program dapat berjalan dengan baik. Untuk tujuan tersebut di ataslah penelitian ini dilakukan.

Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa pada umumnya mahasiswa dapat memahami isi kode etik yang telah ditetapkan, akan tetapi sikap yang diberikan mahasiswa terhadap berbagai sangsi yang ditetapkan masih belum sesuai harapan, sehingga masih perlu pemberian pengayaan dan pemahaman terhadap mahasiswa terhadap butir-butir yang tertuang dalam kode etik tersebut.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: