ZASRI M.ALI

Judul : SISTEM KEWARISAN ADAT MELAYU ROKAN HULU

Abstrak tulisan:

Peristiwa kematian yang membawa konsekwensi yuridis, berupa adanya perhubungan hukum pusaka mempusakai / waris-mewarisi antara orang yang mewariskan dengan para ahli waris, adalah suatu peristiwa yang tidak bisa dihindari dan mesti terjadi pada setiap manusia dalam kehidupan sosialnya.

Tata aturan membagi harta warisan antara para pewaris, adalah manifestasi dari pengakuan adanya hak milik perorangan baik terhadap harta bergerak, maupun harta yang tidak bergerak dan suatu manifestasi pula bahwa harta milik seseorang dan harus dibagi secara adil antara para pewarisnya setelah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Kajian tentang hukum waris, selain membuat deskripsi tentang bagaimana suatu masyarakat memindahkan haknya dalam bentuk benda atau lainnya dari suatu generasi ke generasi berikutnya atau dari multidimensi bahkan multi disiplin. Kondisi hukum waris dari suatu masyarakat memberikan informasi dan mempunyai hubungan dengan sistem kekerabatan, sistem nilai, sejarah dan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang bersangkutan.

Kabupaten Rokan Hulu mewarisi suatu kebudayaan besar yaitu kebudayaan Melayu. Di daerah ini lahir suatu kerajaan yang dikenal kemudian dengan kerajaan Tambusai yang telah meletakkan dasar-dasar kebudayaan Melayu yang bercorak Islam.

Penelitian ini berusaha mengungkapkan aspek hukum waris Adat Melayu Rokan Hulu yang menurut asumsi dipengaruhi oleh Hukum Waris Islam. Pokok permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sejauhmana Hukum Waris Islam diterima di daerah Melayu khususnya Rokan Huliu.

Masalah pokok yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana bentuk sistem kewarisan masyarakat Melayu Rokan Hulu. Kedua, Sejauhmana pengaruh Hukum Waris Islam terhadap sistem kewarisan suku Melayu di Rokan Hulu. Ketiga, Perubahan apa saja yang terjadi antara daerah yang relatif kuat mempertahankan tradisi Melayu dan daerah yang terbuka terhadap pengaruh dari luar.

Kajian tentang Sistem Kewarisan Melayu Rokan Hulu ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengolah dan menganalisis sistem kewarisan masyarakat Melayu Rokan Hulu, untuk mengidentifikasi, mengolah dan menganalisis sejauh mana Hukum Waris Islam diterima di Rokan Hulu dan Untuk mengidentifikasi, mengolah dan menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem pembagian waris suku Melayu di Rokan Hulu.

Di samping tujuan di atas, kajian ini mempunyai kegunaan secara teoritis dan secara praktis sebagai berikut : Pertama Kegunaan kajian ini secara teoritis, adalah untuk memperkaya atau mengembangkan khasanah pengetahuan tentang petunjuk-petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Rasul SAW dalam segala aspek kehidupan khususnya dalam maslah kewarisan. Sedangkan kegunaan secara praktis adalah untuk menegtahui sistem kewarisan suku Melayu di Rokan Hulu.

 

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: