Muhammad Kastulani dan Muhammad Suryani, Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum

Judul: PENGARUH INVESTASI DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT LOKAL

Abstrak:

Sebagai sebuah provinsi, Riau memang diberkahi oleh sumber daya alam yang melimpah dan letak yang strategis. Berada di tengah lalu lintas perdagangan, Riau secara konsisten tampil sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Indonesia bagian barat. Semua ini tentu tidak berjalan dengan alamiah, melainkan melalui sebuah proses berkesinambungan yang didukung oleh komitmen dan konsistensi yang tinggi dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Riau, untuk terus menerus membenahi ketertinggalan di segala bidang pembangunan.

Dalam rangka mewujudkan misi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Provinsi Riau sangat menyadari bahwa investasi memiliki peran yang sangat penting. Aktifitas investasi, baik investasi dalam negeri, lebih-lebih lagi investasi asing sangat menentukan lajunya pertumbuhan ekonomi suatu daerah yang pada gilirannya akan mempengaruhi pula kinerja ekonomi daerah dengan penciptaan lapangan kerja baru yang akan mempertinggi pula kinerja ekonomi daerah serta mempertinggi daya beli masyarakat dan juga menekan angka kemiskinan.

Wujud konsisten dan komitmen itu pun terbayarkan ketika Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Pusat menetapkan Provinsi Riau bersama enam provinsi lainnya di Indonesia sebagai Regional Champion. Regional Champion adalah bagian yang tidak terpisahkan dari program promosi BKPM,  yang dikembangkan secara khusus untuk membuka potensi dari kawasan terpilih di Indonesia.

Di bawah program Regional Champion, BKPM akan mengembangkan kerjasama promosi yang tepat dan komprehensif untuk kawasan-kawasan tersebut, dengan tujuan meningkatkan peringkat FDI (Foreign Direct Invesment).  Program ini akan memfokuskan untuk menarik investasi strategis yang akan berpungsi sebagai katalis ekonomi kawasan, hal ini untuk memotivasi dan menginspirasi kawasan lain untuk mengikuti kesuksesannya.[1]

Pemerintah Provinsi Riau dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota menyadari bahwa prediket ini merupakan sebuah tantangan bagi pembenahan yang terus menerus atas sistem yang sudah berjalan. Riau dan mestinya akan terus belajar dan mengevaluasi diri agar kondisi yang ada bisa semakin meningkatkan dan akhirnya arus investasi akan semakin tumbuh di tanah melayu ini. Terlepas dari itu semua, satu tujuan dari pemerintah adalah bagaimana agar pertumbuhan investasi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga taraf hidup masyarakat juga semakin meningkat dan cita-cita menuju Riau yang makmur dan sejahtera bisa tercapai sesuai harapan.

Yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah, bahwa para investor baik investor asing maupun investor dalam negeri, selalu mengutamakan adanya kepastian hukum dan kepastian berusaha. Hukum merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kaitannya dengan perlindungan hukum yang diberikan oleh suatu negara bagi kegiatan penanaman modal. Melalui sistem hukum dan peraturan hukum yang dapat memberikan perlindungan, akan tercipta kepastian (predictability), keadilan (fairness), dan efisiensi (efficiency) bagi pihak penanaman modal.

Pengembangan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan kualitasmasyarakat yang bermukim di wilayah investasi yang ditanamkan oleh investor sehingga mereka mampu mengejar ketertinggalan dalam berbagai bidang kehidupan. Investasi yang ditanamkan oleh investor mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat lokal karena investasi tersebut memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat setempat.

Investasi adalah salah satu faktor yang memberikan perubahan sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan. Dengan demikian, salah satu bentuk kewajiban perusahan adalah meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif atas kehadirannya terhadap perubahan tersebut. Sejarah menunjukkan bahwa sektor swasta membawa pengaruh pada perubahan sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lingkungan.

Dengan adanya Corporate Social Responsibility (CSR) (tanggung jawab sosial perusahaan) bagi setiap perusahaan, diharapkan dapat mempercepat dalam pengembangan masyarakat setempat diberbagai bidang. hal ini pula yang diharapkan kepada PT. Indah Kiat Pulp and Paper tbk dalam pengembangan masyarakat Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Pengembangan Perawang sebagai daerah industri di kabupaten Siak, membawa perubahan yang cukup berarti diberbagai bidang. Selain perubahan demografis, ekonomis, kehidupan di Perawang mengalami perubahan yang cukup besar di bidang pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, dan Keagamaan.

 

 

 

.

 

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: