Artis, Dosen Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi

Judul: STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS

Abstrak:

Manusia hidup dalam masyarakat saling berhubungan. Hubungan antar manusia  dilakukan dengan berkominikasi  sehingga manusia satu dengan yang lain saling memahami dan pengaruh mempengaruhi demi kepentingan-kepentingan, hal ini yang selalu dipraktekkan oleh Public Relations  ( humas )  dalam suatu lembaga pemerintahan  maupun perusahaan untuk  mencapai tujuan yang dinginkan.   

The institute of Public Relations menyatakan,” Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terncana dan berkesenambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian  antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya “.

Dalam hal ini, Public Relations dalam memberikan distribusi pada strategi manajement ada dua : Pertama,  Melakukan tugas sebagai bagian dari strategi  dan keterlibatan Public Relations dalam proses menyeluruh dan memberi manfaat bagi manajemen suatu organisasi. Kedua, Public Relations berperan dalam strategi  manajemen dalam mengelola kegiatan untuk mencapai tujuan baik yang bersifat internal maupun eksternal  yang sesuai dengan yang diinginkan oleh lembaga  baik pada tingkat pemerintahan dan perusahaan.

PENDAHULUAN

Pada perkembangan dalam masyarakat, manusia yang satu dengan manusia lainya yang memiliki hubungan semakin jauh, itu disebabkan oleh hubungan antar manusia menimbulkan nilai-nilai baru yang mengakibatkan pada perubahan pada sektor politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Bila diperhatikan perkembangan masyarakat di era globalisasi saling pengaruh mempengaruhi dalam memenuhi berbagai kepentingan  dan inilah yang dinamakan Public. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center dalam buku “Effective Public relations” menjelaskan tentang public yaitu ,” A public is simply a collective noun for a group- a group of individuals tied together by some common bound of interest- and sharing a sense of togetherness” (Public merupakan sebuah harta benda kolektif bagi suatu kelompok- kelompok orang yang sama-sama terikat oleh suatu kepentingan  yang sama dan menunjukkan perasaan kebersamaan).

Oleh sebab itu, Public Relations atau humas sangat diperlukan baik pada tingkat pemerintahan maupun perusahaan. Public relations diharapkan dengan masyarakat dalam berbagai aktivitas bisa sama-sama memberikan informasi dengan tujuan bersama. Masyarakat yang memiliki latar belakang dari berbagai bentuk kebutuhan maka banyak timbul gejolak-gejolak atau persepsi dalam memandang dan menanggapi berbagai informasi. Untuk melihat setiap gejolak yang timbul, Public relations harus memiliki strategi dan membiasakan diri berorientasi kemasa depan yang merupakan sebagai sikap yang harus dimiliki oleh manusia dalam problem kemasyarakatan agar komunikasi yang disampaikan tepat pada sasaran yang diinginkan.

  1. #1 by Rahmad, M.Pd on Januari 3, 2013 - 5:41 pm

    Artis, mantappp..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: